Wednesday, 16 October 2013

Perbedaan Seniman dan Desainer


Seniman dan Desainer adalah dua profesi berbeda dalam bidang seni grafis sebagian orang menganggap kedua profesi itu sama namun pada kenyataannya tidak.

Kapan Seni menjadi Desain? oleh Hanny Kardinata (Versus Feb 08) 
Batas antara seni dan desain mungkin terbangun ketika kaum modernis Barat mulai memilah istilah “kegunaan” dan “estetik”. Desain sebagai kata benda merujuk pada hasil akhir dari sebuah proses kreatif yang memperhatikan aspek fungsi dan estetika. Dalam prosesnya, guna mencapai objective-nya, desain menggunakan metode riset, diskusi, ataupun studi banding atas desain yang sudah ada sebelumnya. Dengan kata lain, desain tercipta melalui perencanaan yang rumit dan diimplementasikan dengan hati-hati agar apa yang menjadi tujuannya tercapai (client problem sets), desain memiliki tujuan di luar diri desainernya. 
Berbeda dengan desain, seni tidak memiliki aturan tertentu, sang seniman menciptakan aturannya sendiri. Seorang seniman bebas mengemukakan apa saja, dan dengan cara apa saja, tanpa harus menjelaskan bagaimana dan mengapa ia membuat karyanya sedemikian rupa. Menurut Ary Dananjaya (pematung), seniman berkarya untuk dirinya sendiri (their own problem sets) dan memperbolehkan masyarakat ikut menikmati dan menghargainya, sementara desainer perlu ‘berbicara’ kepada masyarakatnya.   
Designers try to solve problems for others, artists solve problems they themselves invent. Pendapat yang kurang lebih sama dikemukakan oleh Rotua Magdalena Pardede Agung (seniman, desainer)– “wowww she got both!”) bahwa ketika seni mau menyampaikan hal-hal dengan konsep narasi, dan pesan-pesan di luar pikiran atau perasaan individunya, maka dia hadir sebagai desain (dengan pesan yang ingin disampaikan kepada pengamatnya).


  • Desainer (designer)

Berperan menganalisis, meneliti, menghitung, memperkirakan, menentukan, merencanakan, dan membuat benda (produk) berdasarkan asas pemenuhan berbagai fungsi hubungan (relasi) yang selaras antara benda (produk) yang direncanakannya, dengan manusia sebagai penggunanya.

Jadi designer who man to machine relation, man to machine interfacing (hubungan antara manusia dengan mesin). Selain itu dia juga harus mempertimbangkan dan memperkirakan berbagai hal yang berkaitan dengan dampak keberadaan produk tersebut secara fisik dan psikologis terhadap pengguna dan lingkungan sekitarnya. Contohnya seperti desainer produk (otomotif, home appliance, furniture, elektronik dan masih banyak lagi), desainer interior, desainer fashion, desainer grafis.


  • Seniman (artist)

Berperan menganalisis, meneliti, dan memberikan input berupa pertimbangan, solusi, bagi para desainer dan teknisi, sesuai dengan bidang ilmu dan seni yang dikuasainya.

Jadi artist who man to culture relation (hubungan antara manusia dengan kebudayaan). Contohnya seperti seni lukis, seni patung, seni tari, seni musik, teater, dan lain sebagainya.

seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang ia buat tanpa ada kendali dari siapapun. Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut.


Rangkuman

desainer adalah orang yang berkarya dengan segmentasi target dan tujuan tertentu yang diinginkan pasar, klien dan idealisme desainer itu sendiri. Seorang desainer tidak bisa sesuka hati membuat desain tanpa memperhatikan keinginan klien dan keinginan pasar.

desainer memang dibayar oleh orang yang membutuhkan desain grafis namun bukan berarti desainer adalah tukang, lalu apa perbedaan desainer dengan tukang? Diluar sana ada banyak orang yang menyediakan jasa desain grafis, ada yang mahal, ada yang murah, ada yang bagus, ada yang jelek, ada yang memerlukan proses lama dan yang sebentar. Namun bisa kah anda membedakan mana tukang? dan mana desainer yang menempuh pendididikan desain?

seorang desainer akan memberikan konsultasi kepada klien mengenai kebutuhan desain yang diminta, masing-masing memiliki visi yang jelas baik dari klien maupun desainer sehingga penggabungan aspek seni dan permintaan pasar akan menghasilkan karya yang baik, klien memiliki ekspektasi dari kebutuhannya sedang desainer memiliki visi dan idealisme akan seni itu sendiri.

Akan dibawa kemana diri anda? menjadi seniman, desainer atau hanya tukang desain

2 comments:

" HIDUP KAN ORIENTED CODE DENGAN BUDAYA KAN BERKOMENTAR"

"Semua Komentar terlebih dahulu melalui moderator dan akan di tampilkan dalam paling lambat 1 x 24 jam dan untuk email pemberitahuan komentar yang di terbitkan atau replay silahkan klik ' Subscribe by email ; komentar spam ,caci maki ,berbau porno dan lain-lain yang dapat memancing; keributan akan admin hapus..!! terima kasih.

" JIKA ADA GAMBAR ATAU ARTIKEL YANG RUSAK MOHON BATUAN PEMBACA SETIA UNTUK MEMBERITAHUKAN ADMIN DENGAN BERKOMENTAR DI BAWAH INI "