Wednesday, 2 October 2013

Flowchart Pengurutan Bilangan Fibonacci

Jika anda tanyakan kata fibonacci pada ahli matematika, sebagian besar dari mereka mungkin akan menjawab deret hitung. Ya fibonacci memang lebih banyak dikenal dari deret hitung yang diciptakannya. Namun jika anda anyakan pada trader atau investor, jawaban mereka mungkin sangat berlainan dari deret hitung. Kebanyakan dari mereka mungkin akan menjawab fibonacci sebagai salah satu teknik analisa pergerakan harga. Khususnya mengenai support, resistance, dan retracement.

Leonardo Fibonacci merupakan ahli matematika, lahir di Italia sekitar tahun 1170. Dia, dianggap sebagai The Greatest European Mathematician of Middle Ages”, berhasil menemukan sebuah deret hitung matematika dan termasuk sebagai orang pertama yang memperkenalkan sistem angka Hindu – Arab.

Fibonacci adalah barisan yang didefinisikan secara rekursif, yang dapat didefinisikan sebagai berikut.


  F(n)=
   \begin{cases}
    0, & \mbox{jika }n=0; \\
    1, & \mbox{jika }n=1; \\
    F(n-1)+F(n-2) & \mbox{jika tidak.}
   \end{cases}

Penjelasan : barisan ini berawal dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya didapat dengan cara menambahkan kedua bilangan yang berurutan sebelumnya. Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah
0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946...
Kasus : buatlah flowchart dengan menulis bilangan fibonacci sekian sampai sekian. Sama seperti kasus - kasus yang sebelumnya, deret fibonacci pun dapat kita carikan solusinya layaknya kita mencari bilangan prima, ataupun ganjil genap.

Flowchart :

a = bilangan fibonacci pertama
b = bilangan fibonacci kedua
c = hasil jumlah bilangan fibonacci a & b
bil = jumlah bilangan fibonacci pada

Perhatian : diasumsikan jumlah bilangan termasuk dalam bilangan fibonacci pertama dan kedua, sehingga pada saat looping di bagian percabangan akan di tanyakan bil=2 bukan bil=0, apabila dituliskan b=0 maka akan ada 12 bilangan yang keluar sebagai deret fibonacci.

Semoga bermanfaat, sekali lagi setiap orang mungkin akan berbeda konsep dalam membuat flowchart. Mungkin ada dari anda yang mempunyai flowchart lebih mudah daripada yang saya buat di atas, silahkan berikan kritik dan saran anda.

No comments:

Post a Comment

" HIDUP KAN ORIENTED CODE DENGAN BUDAYA KAN BERKOMENTAR"

"Semua Komentar terlebih dahulu melalui moderator dan akan di tampilkan dalam paling lambat 1 x 24 jam dan untuk email pemberitahuan komentar yang di terbitkan atau replay silahkan klik ' Subscribe by email ; komentar spam ,caci maki ,berbau porno dan lain-lain yang dapat memancing; keributan akan admin hapus..!! terima kasih.

" JIKA ADA GAMBAR ATAU ARTIKEL YANG RUSAK MOHON BATUAN PEMBACA SETIA UNTUK MEMBERITAHUKAN ADMIN DENGAN BERKOMENTAR DI BAWAH INI "