Wednesday, 11 September 2013

Memperbaiki File Transfer yang Lambat pada Flashdisk


Pada umumnya Flashdisk / USB dapat dioptimasi dengan beberapa cara. layaknya kita tahu setiap flashdisk mempunyai (kecepatan baca) Read Speed dan (kecepatan tulis) Write Speed yang berbeda-beda. Dan biasanya kecepatan Read Speed lebih besar daripada Write Speed pada falshdisk.

Flashdisk standart memiliki RS sekitar 10Mbps dan WS sekitar 1-6Mbps
Flashdisk highspeed memiliki RS sekitar 32Mbps dan WS sekitar 7-16Mbps

Sehingga tak jarang flashdisk yang mempunyai highspeed harganya bisa 2kali lipat flashdisk standart. Namun jika yang anda alami sama dengan saya yang memiliki kendala transfer rate hingga seperti yang tertera di atas, anda perlu mencoba beberapa hal berikut.

Optimasi Segera

  • Optimasi untuk Windows XP
  • Klik kanan pada Drive USB 
  • Pilih Properties
  • Pilih tab Hardware 
  • Dalam All Drive Disk, pilih USB drive dan pilih Properties
  • Pilih tab Policies dan pilih Optimize untuk kinerja
  • Tekan Ok

Perhatian, kitika falshdisk yang dioptimalkan dalam mode Performance anda harus menombol "Safely Remove Hardware" untuk mencabut falshdisk. Jika tidak akan ada kemungkinan yang menyebabkan USB anda mengalami kerusakan data.

Untuk optimasi di Windows7 ada fasilitas ReadyBoost pada tab Properties dalam Flashdisk yang memungkinkan pengguna meningkatkan transfer rate dalam flashdisk.

Scan Flashdisk

Jika diatas tetap tak membuat falshdisk anda semakin cepat dalam men-transfer data. Maka segera scan komputer anda dengan antivirus terupdate, bisa jadi virus menjadi kendala utama anda.

Hapus Beberapa File

Mungkin flashdisk anda penuh dan terdapat file-file yang sekiranya sudah termasuk kategori junk di flashdisk anda sebaiknya anda hapus karena hal tersebut juga berpengaruh terhadap kinerja flashdisk anda. Bila perlu segera format apabila anda telah membackup data anda yang sekiranya penting.

Lakukan Low-level Format

Jika masih terasa lambat, sebenarnya untuk penggunaan MMC, SD CARD, Flash Disk, T-FLASH, dsb maka agar optimal dan tidak mengalami error saat penggunaannya harus dilakukan penghapusan optimal.

Format / menghapus partisi hanya membuat FAT baru dan tidak menghapus data secara keseluruhan. Oleh sebab itu terkadang meski sudah di format MMC yang digunakan masih terasa lambat atau sering kali error.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut dapat dilakukan low-level format atau Erase One Pass Zeros, yaitu proses format disertai dengan mengisi 0 byte pada setiap sektor MMC.

Tipe Format Flashdisk yang berbeda (update 11 October 2013)
Terkadang luput kita sadari jika pemformatan flashdisk mempengaruhi Speed daripada Transfer Rate flashdisk itu sendiri. NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. Cari tahu lebih lengkapnya tentang perbedaan NTFS dan FAT dan seluk beluknya sekarang.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk LLF / EOPZ adalah :
Kill Disk : http://www.killdisk.com/
HDD LLF : http://download.cnet.com/HDD-Low-Level-Format-Tool/

2 comments:

  1. mantap bro nanti dicoba deh
    jangan lupa visit www.ihsandonesian.blogspot.com juga ya

    ReplyDelete

" HIDUP KAN ORIENTED CODE DENGAN BUDAYA KAN BERKOMENTAR"

"Semua Komentar terlebih dahulu melalui moderator dan akan di tampilkan dalam paling lambat 1 x 24 jam dan untuk email pemberitahuan komentar yang di terbitkan atau replay silahkan klik ' Subscribe by email ; komentar spam ,caci maki ,berbau porno dan lain-lain yang dapat memancing; keributan akan admin hapus..!! terima kasih.

" JIKA ADA GAMBAR ATAU ARTIKEL YANG RUSAK MOHON BATUAN PEMBACA SETIA UNTUK MEMBERITAHUKAN ADMIN DENGAN BERKOMENTAR DI BAWAH INI "