Sunday, 15 September 2013

Cara Copy File dengan Command Prompt

Saat mengcopy data dari flashdisk adakalanya flashdisk tersebut terdapat hal-hal yang tidak kita ingikan. Contoh paling sering adalah munculnya tulisan "windows explorer not responding" yang disebabkan oleh file yang terlampau berat.

Atau parahnya lagi bisa jadi flashdisk tersebut terkontaminasi oleh virus. Nah bagi orang-orang yang pada umunya maish awam dalam menggunakan perintah Command Prompt pasti akan sedikit kesulitan dalam mengoprasikannya untuk melaksanakan seuatu perintah. Namun disanalah hebatnya Command Prompt, kita bisa mengakses seluruh yang ada di Windows Exploler, bahkan pemindahan data tanpa membuka file tersebut.

Pasalnya yang paling sering saya gunakan adalah menggunkan fasilitas CMD untuk mengcopy data dari flashdisk teman. Dengan hal tersebut akan kecil kemungkinan laptop / komputer tak akan terjangkit virus yang tidak di inginkan. Asyiknya lagi perintah dari CMD anda dapat mengcopy 1folder penuh seperti yang bisa anda lakukan jika harus melakukan copy paste lewat Windows Exploler.

Syntax untuk mengcopy file dari cmd adalah : copy (object path) (target path)

Langsung ke prakteknya saja. Langkah pertaman buka Command Prompt : START > RUN > CMD


1. Dada awal anda akan melihat C:\Users\Me71> itu tandanya ada sedang berada di drive C "folder" Users "folder" Me71. Segera pindah ke drive dimana terdapat file yang ingin anda copy. Misalkan file yang saya copy terdapat di Drive G. Maka yang harus diketik adalah g: (besar kecil font tidak dipermasalahkan) dan otomatis anda akan pindah ke Drive G dengan ditandai tulisan G:\>
2. Apabila anda lupa nama file yang ingin anda copy maka tuliskan "dir" untuk melihat isi file-file yang terdapat dalam drive tersebut.
3. Waktunya mengcopy data. Tulis syntax untuk mencopy file/folder yang anda inginkan sesuai dengan rumus copy (object path) (target path). Disini saya ingin mengcopy file "editing patch" yang terdapat pada Drive G tersebut ke Drive D: maka yang harus di tulis adalah copy "editing patch" d:\


4. Jika Anda akan masuk ke dalam suatu folder maka ketiklah “CD”, misalkan jika ingin masuk ke folder “TUGAS”, ketiklah “CD TUGAS”.
5. Jika Anda akan mengakses subfolder, sub-subfolder, sub-sub-sub…dst. Maka berikan tanda backslash (\) setelah nama folder yang pertama dst. Misalnya “CD game\online\favorite\ragnarok2”. Maka kita akan langsung berada di folder favorite tanpa langsung mengetik CD beberapa kali.
6. Jika anda ingin kembali ke luar folder ketiklah “CD..” (titiknya 2 kali) lalu tekan enter.

7. Apabila file yang anda copy berhasil maka akan ada tulisan File(s) copied.
8. Selesai deh. tinggal di lihat hasil copy-an nya di data d:\

Sekian saja tutorial kali ini. Semoga anda bisa bermanfaat. Tambahan : Untuk penulisan nama folder terutama yang terdapat lebih dari 2 kata harap ditambahkan tanda (""). Contoh file dengan nama Matematika Diskrit maka hendaknya ditulis "Matematika Diskrit".

Artikel Terkait

4 comments