Tuesday, 10 September 2013

AMD vs Intel, Processor mana yang lebih baik?


Allhamduillah, beberapa hari yang lalu saya sempat mendapatkan laptop yang semoga dalam beberapa tahun kedepan dapat menemani perjalanan kuliah saya. Dan seperti yang kita tahu sekarang sedang sedang trand trand-nya dengan Processor buatan intel yang berinisial Core i3, i5 serta i7 dan sedang bersaing sengit dengan AMD A-10 yang keluar baru-baru ini dengan harga yang cukup beragam.

Dan faktanya masih serta merta orang orang memandang remeh kulalitas AMD seaakan akan AMD sangat rendah di mata orang lain. Dan tak jarang sang pemilik AMD terkadang menjadi ciut hati.

Dan beberapa hari lalu sempat saya membeli Lenovo S405 dengan di lengkapi AMD A8-4555M quad-core APU. 4 x 1.6GHz yang dibandrol dengan harga kisaran 5jt. Dan sempat menjadi bahan ocehan orang waktu memasang Screen Protector di area pameran Hi Tech Mall, yang waktu itu saya hanya dapat tersenyum mendengar ocehannya.

Yang jadi pertanyaan saat itu, yang mungkin juga anda alami.
Lho, masih AMD mas? Wah rugi anda mas
Kok ambil AMD, bukannya mendi Core i3 atau i5 dengan harga segitu?

Dan mari kita lihat tabel perbandingan AMD vs Intel di bawah ini secara garis besarnya:

Intel

PLUS(+):
Memiliki banyak varian harga mulai kurang dari 2jt sampai dengan yang melambung tinggi.
Sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking.
Range varian dan harga paling banyak.
Rasio over clock/performance paling baik.
Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi.

MINUS(-):
Harganya mahal untuk kualitas yang tinggi
Banyaknya varian bisa bikin bingung
Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal minta ampun
Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.

AMD

PLUS(+):
Harga murah, dengan performa seimbang
Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi yang di tawarkan oleh Intel.
AMD panas? kata siapa? di sini uda banyak yang buktiin kl AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin dibandingkan dengan Intel Dual-core.
Varian tertinggi (Black Edition) dibandrol dengan harga terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.

MINUS(-):
Konsumsi daya lebih tinggi drpd prosesor Intel dengan performa sama
RasioClock/performance yang lebih rendah daripada Intel
Untuk kegiatan multi tasking memang lebih stabil Intel punya

Lalu muncul pertanyaan Intel vs AMD bagus mana untuk gameing?

Secara garis besar Intel memiliki kualitas yang jauh lebih stabil di bandingakan dengan AMD yang beorientasikan plus dibidang grafis dalam game. Namun disisi lain kita juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Ada uang ada barang, semakin tinggi dana yang anda keluarkan maka semakin prima performa yang anda dapat.

2 comments:

  1. akan tetapi dengan apa yang saya Alami, masalah untuk gameing sama saja, tidak ada perbedaan, dan AMD juga tidak cepat panas.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget , amd speknya dewa harganya mahasiswa

    ReplyDelete

" HIDUP KAN ORIENTED CODE DENGAN BUDAYA KAN BERKOMENTAR"

"Semua Komentar terlebih dahulu melalui moderator dan akan di tampilkan dalam paling lambat 1 x 24 jam dan untuk email pemberitahuan komentar yang di terbitkan atau replay silahkan klik ' Subscribe by email ; komentar spam ,caci maki ,berbau porno dan lain-lain yang dapat memancing; keributan akan admin hapus..!! terima kasih.

" JIKA ADA GAMBAR ATAU ARTIKEL YANG RUSAK MOHON BATUAN PEMBACA SETIA UNTUK MEMBERITAHUKAN ADMIN DENGAN BERKOMENTAR DI BAWAH INI "